Pemkab Pasuruan Luncurkan Website Informasi Covid 19

Pandemi corona virus saat ini menjangkiti berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Di negeri kita sendiri saat ini jumlah kasus setiap hari selalu bertambah dan belum menunjukkan tren penurunan jumlah kasus. Salah satu kebutuhan masyarakat dalam masa pandemi seperti saat ini adalah akses informasi terkait perkembangan pencegahan corona virus disease 19 (covid-19) yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan akhirnya meluncurkan website resmi terkait hal tersebut. Dengan beralamatkan di www.covid19.pasuruankab.go.id, masyarakat Kabupaten Pasuruan saat ini bisa mendapatkan informasi resmi yang dikeluarkan oleh Pemkab Pasuruan.

Syaifuddin Ahmad, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan ketika dihubungi melalui sambungan whatsapp pada Kamis (09/04), menjelaskan bahwa diluncurkannya website ini adalah dikarenakan kebutuhan informasi yang terus update terkait perkembangan covid-19 bagi masyarakat. “Jadi adanya website tersebut didasari karena kebutuhan informasi yang terus update mengenai perkembangan covid-19 bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan. Sehingga diharapkan masyarakat dapat mengetahui perkembangan bencana non alam ini dengan akurat, serta bagaimana yang harus dilakukan bisa diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat”, ujarnya.

Lebih lanjut, Syaifuddin menjelaskan bahwa sumber data yang disajikan di website tersebut berasal dari posko satuan tugas (satgas) pencegahan virus corona Kabupaten Pasuruan. “Sumber data pada website tersebut berasal dari posko satgas pencegahan covid-19 Kabupaten Pasuruan, yang berkoordinasi dengan Dinas Kominfo selaku pengelola website sehingga data bisa ditampikan untuk masyarakat, dan selalu di update setiap hari”, pungkasnya.

Dari pantauan tim visitpandaanid, website tersebut menyajikan data pencegahan covid-19 yang berisi data jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan juga jumlah pasien Positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Pasuruan. Data per hari ini, Jumat malam (10/04), di Kabupaten Pasuruan terdapat 78 ODP, 30 PDP, dan 3 Positif covid-19.

Selain itu juga terdapat tautan terkait dengan pemberitaan seputar corona virus yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan, FAQ, juga tautan eksternal gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Provinsi Jawa Timur dan juga Pusat, serta tautan website resmi Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *